Terima Kasih kepada para Donatur yang selalu memberikan dana untuk kelangsungan Info-Majelis, Semua pendanaan akan digunakan dengan sewajarnya dan dengan seperlunya dan untuk pembiayaan blog ini. Terima kasih pula tertuju untuk para "clickers" yang selalu memperhatikan blog ini, semoga tercapai segala cita dan harapan kita bersama.
Ingin ikut berpartisipasi membiayai blog ini dan menjadi "clickers"..? Silahkan klik salah satu program dibawah ini. Karena cukup hanya dengan cara tersebut, secara tidak langsung anda ikut membiayai blog ini. Semua program dibawah ini adalah program GRATIS yang dapat anda ikuti
Bagjadotkom
adsense
zidu
Join FileFactory Today!
Adsense

Masjid Al-Barkah vs Kisah Sumpah

Diposkan oleh Admin On 5:13 PM

Sebuah Masjid yang bernama Masjid Albarkah ini terletak di tengah pemukiman ramai, persis di pertigaan Jl Kemang Utara dengan Jl Kemang Timur, Jakarta Selatan. Tapi dahulu, saat pertama kali didirikan, masjid ini adalah wilayah pedalaman Batavia. Masjid tua itu bernama Masjid Al Barkah.

Masjid Al Barkah didirikan tahun 1818 oleh Guru Sinin alias Husaini. Ia merupakan putra dari KH Syahdurrahman, pemuka agama terkenal dari Banten. Arsitektur Masjid Al Barkah mengambil bentuk yang serupa dengan masjid-masjid di Jawa Tengah. Atap joglonya, mirip sekali dengan Masjid Demak yang konon dibuat oleh para wali.

Legenda pada awal pendiriannya lah yang kian menjadikan masjid ini menarik. Syahdan, ketika Guru Sinin akan membangun masjid ini, muncul tantangan dari pemuka agama yang lain, Guru Peyang. Entah apa alasannya, Guru Peyang lebih jauh malah memasukkan gugatan ke pengadilan Hindia Belanda yang ada pada saat itu, menuntut pembatalan pembangunan.

Saat menggugat itulah, Guru Peyang mengeluarkan sumpah. “Kalo si Inin menang perkara ini, gue minta supaye buta mata gue.” Dus, Guru Sinin yang dikenal juga ahli kanuragan menanggapinya dengan santun. “Allah itu bijaksana. Lihat nanti dalam sidang.” Begitu sidang emmutuskan Guru Sinin menang, seketika mata Guru Peyang pun menjadi buta.

Guru Sinin kemudian melanjutkan pembangunan. Mula-mula Al Barkah hanyalah sebuah mushola kecil. Baru pada tahun 1880, masjid tersebut diperlebar atas bantuan rekan-rekan Guru Sinin seperti Ki Entel, Ki Cerewet, Ki Kantor, Ki Gedut, Ki nusi, Ki Adam, Ki Habib, Ki Glendodo, dan Ki Semper.

Sampai saat ini masjid Al_Barkah telah mengalami beberapa kali pemugaran. Pada tahun 1926, KH Naisin dengan dibantu oleh H Kyo, H Bancing, H Jeral melakukan pemugaran. Tahun 1932 juga. Pemugaran yang dilakukan pada tahun 1950, 1960, 1970 menghasilkan bentuk fisik yang telah banyak berubah. Terakhir, pada tahun 1991, Masjid direnovasi lagi oleh KH Abdus Somad.

Meski sudah berganti wajah, bagi warga setempat Masjid Al Barkah sangat peduli dengan keberadaan msjid tersebut, terutama petuah dari pendirinya Guru Sinin. Salah satunya adalah perawatan harus dilakukan cuma dengan swadaya masyarakat. “Ya, kalo buat merawat masjid cuma dari bantuan masyarakat sini saja,” terang Saimih Saih, pengurus sekaligus Ketua RW desa setempat.

Guru Sinin sendiri telah wafat sejak tahun 1920. Konon ia berusia panjang dan dikaruniai hidup sampai 146 tahun. Makamnya terletak di sisi barat Masjid Al Barkah. Pada hari-hari tertentu makamnya didatangi oleh peziarah dari Banten.

Masjid Al-Barkah vs Kisah SumpahSocialTwist Tell-a-Friend

0 Response to "Masjid Al-Barkah vs Kisah Sumpah"

Posting Komentar

Untuk yang ingin menyampaikan kritik membangun, saran, info atau pertanyaan, silahkan mengisi kotak komentar dibawah ini.

Komentar anda akan direview kembali sebelum ditayangkan, demi kenyamanan pembaca.

Terima kasih

Islam Dalam Dokumentasi